Sunday, July 9, 2017

[Mengenal Bakat Alla Rosullulah]

Pembahasan tentang mengenal bakat dan potensi memang sejak dulu menarik untuk dibahasa.

Maka muncullah pakar-pakar yang meneliti berbagai cara untuk mengetahui potensi diri. Termasuk di Indonesia ada pak Farid Poniman seorang penemu tes sidik jari Stifin, Stifin berfungsi untuk menguji potensi genetik bawaan,yang setiap orang bawa dari sejak lahir sampai dia meninggal.

Jika anda ingin tau tentang potensi anda lewat stifin silahkan saja, dan persiapkan uang sekitar 500 ribu per orang ya ayah,bunda.

Uang 500 rb mungikn tidak tak terlalu mahal bagi yang mampu, tapi adakah cara mengetahui potensi secara akurat dan murah?

Ternyata Rosullah pun juga mengajari kita, bagaimana cara mengenal potensi yang ada di dalam diri kita, dengan cara mengetahui nasab kita.

Nasab secara etimologi berarti kerabat, sedangkan menurut terminologi kekrabatan antara dua orang.

Dengan mengetahui nasab, kita bisa tau potensi terbesar pada diri kita dan keluarga kita, maka dari itu bangsa Arab sangat menjaga nasab mereka sampai Allah menjadikan mereka contoh untuk di teladani bagi seluruh umat manusia.

Contoh termudah adalah Nasab Rosullulah, Rosullulah terlahir dari nasab terbaik di kaumny, dan kakek moyang Rosull kebanyakan mereka adalah pemimpin maka lahirlah seorang muhammad yang memiliki potensi kepemimpinan.

Diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Abdullah bin Abbad, Rasulullah SAW bersabda; Aku Adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qusai bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraish) bin Malik (bin Al-Nadhir) bin Kinanah bin Khuzaemah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin NIzar bin MA'ah bin Adnan

Maka Rosullulah pun mengajarkan kita untuk mengetahui dan mempelajari nasab kita, bukan untuk sekedar mengetahui potensi tapi juga untuk manfaat besar lainy.

Diriwayatkan dari Rasulullah SAW:"Pelajarilah silsilah nasab kalian agar kalian mengenali hubungan darah kalian.. "

Maka, ayah bunda..
Yuk kita cari tau nasab kita, yuk kita pelajari nasab kita, tak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup kita lihat dan kita tanyakan ke nenk moyang kita.

BarakAllah fikum

#kabol14
#days13
#zahrasalmon

No comments: